Explore Mercusuar Pulau Lengkuas di Negeri Laskar Pelangi



Sebelumnya, tak pernah terpikirkan dalam benak saya untuk Explore Negeri Laskar Pelangi. Dulu saya hanya bisa melihat dari keindahan Pulau Belitung dari Film Laskar Pelangi dan A Man Called Ahok yang saya tonton beberapa minggu yang lalu di bioskop, sambil bertanya di dalam hati. Kapan ya, saya bisa kesana? Namun Alhamdulillah tak lama kemudian, saya diberi kesempatan untuk Explore Negeri Laskar Pelangi itu

**

Bang Fery : Bi besok standy by jam 8 terus sarapan dulu di hotel jam 7. Kasih tau Irwan
Saya : Siap Bang

Seperti itulah pesan WhatsApp malam itu dari Bang Feri setelah saya dan rombongan genpi selesai liputan Malam Puncak Festival Tanjung Kelayang di Pantai Tanjung Kelayang, Kepulauan Belitung. Bang Feri merupakan PIC kami di Festival Tanjung Kelayang atau bisa dikatakan sebagai penanggung jawab dari liputan kami.

Malam itu saya benar-benar terasa lelah setelah liputan, dan sesampainya di penginapan, kami pun beristirahat sejenak untuk persiapan di hari esok.

krrriinnggg... krrrriinngggg....

Alarm hp saya pun berbunyi, pertanda jam menunjukkan pukul 06.00 WIB. Saya pun bergegas bangun untuk mandi dan tak lupa untuk membangunkan Irwan yang satu kamar dengan saya. Pukul 07.00 WIB kami sarapan di lantai dasar penginapan  sambil menunggu Bang Fery masih di dalam kamar. Pagi itu saya sarapan dengan Nasi Goreng.

Beberapa menit kemudian Bang Fery pun datang

“Jadi hari ini jadwal kita bebas, dan hari ini kita bakal explore destinasi yang di Pulau Belitung” ujar Bang Fery

“Siap bang” balas kami

Singkat cerita, pukul 10.00 WIB kami berangkat dari penginapan menuju Destinasi Pantai di Belitung. Pada saat itu cuaca di penginapan kami  hujannya cukup deras, jika hujan tak kunjung berhenti, kami memilih opsi yang selanjutnya yaitu mengunjungi Rumah Ahok dan Sekolah Laskar Pelangi.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 50 menit kamipun tiba di Pantai Tanjung Kelayang, dan cuaca pada saat itu sangat cerah.
Alhamdulillah...

Sesampainya di Pantai Tanjung Kelayang kamipun bergegas untuk mempersiapkan diri untuk explore pulau-pulau yang ada di Negeri Laskar Pelangi itu, diantaranya yaitu Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Pulau Burung, Pulau Pasir, Pulau Belayar, serta Pulau Gerude

Setengah jam kemudian, kami pun masuk ke dalam kapal yang berisi 7 orang yaitu saya, Irwan, Mbak Elza, 2 dari Kemenpar, serta 2 warga lokal Belitung yang akan menjadi model untuk hunting kami di pulau-pulau Belitung. Bang Feri selaku PIC kami tidak ikut bersama kami, karena beliau sedang mempersiapkan tugasnya untuk event selanjutnya.

Destinasi pertama yang kami kunjungi yaitu Pulau Lengkuas. Lokasi Pulau Lengkuas terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, atau di sebelah Utara Pantai Tanjung Kelayang. Untuk menyebrang menuju Pulau Lengkuas dari Pantai Tanjung Kelayang membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Selama di perjalanan saya melihat banyak batu-batu granit besar yang merupakan ciri khas dari Belitung. Air lautnya pun terlihat bersih dan biru. Pada saat itu cuacanya benar-benar sangat bersahabat.

Menara Mercusuar di Pulau Lengkuas

 Sesampainya di Pulau Lengkuas, kami pun disambut oleh pasir putih dan menara mercusuar yang merupakan icon dari Negeri Laskar Pelangi dengan memiliki ketinggian sekitar 50-60 meter. Dari informasi yang saya dapat, dulunya pengujung boleh memasuki Menara Mercusuar ini, namun semenjak ada pungli (pungutan liar) biaya masuk Menara Mercusuar, Menara Mercusuar tidak boleh dimasuki oleh pengunjung lagi.

Di Pulau Lengkuas juga terdapat Kolam Bidadari. Kolam Bidadari merupakan kolam alami yang terbentuk dari batu-batu yang saling menyatu. Disini pengunjung biar bermandi-mandi ataupun mengabadikan keindahannya melalui bidikan lensa.

Kolam Bidadari di Pulau Lengkuas

Dengan memiliki pesona pantai yang begitu sangat indah, Pulau Lengkuas tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan domestik saja, namun juga dikunjungi oleh wisatawan dari mancanegara, yang saya lihat pada saat itu yaitu wisatawan dari Asia

Turis dari Asia

Selain itu, Pulau Lengkuas didukung dengan Fasilitas yang memadai, diantaranya yaitu kamar mandi yang bersih dan penginapan dengan harga yang terjangkau.

Tak terasa 1 jam pun sudah berlalu saya dan rombongan berada di Pulau Lengkuas untuk berfoto-foto dan menikmati keindahan Pulau yang memiliki menara mercusuar ini. Tak lupa juga saya ikut berfoto dengan inframe menara mercusuar yang difoto oleh mbak elza. Kapan lagi kan saya bisa berfoto di Negeri Laskar Pelangi ini :D


Setelah selesai berfoto-foto di Pulau Lengkuas, kamipun kembali ke kapal untuk explore ke Pulau selanjutnya, namun sebelumnya, saya, mbak elzha, dan Irwan mencoba untuk snorkling yang lokasinya tidak jauh dari Pulau Lengkuas. Jujur ini adalah pengalaman pertama saya snorkling dalam hidup saya, padahal di Lampung atau tepatnya di Pulau Pahawang ada tempat snorkling yang lokasinya tidak jauh dari rumah saya. Namun saya tidak akan melewatkan kesempatan ini

Sesampainya di spot snorkling yang sudah ditentukan oleh guide kami, kami bertiga pun bergegas menggunakan peralatan snorkling lalu turun dari kapal. Awalnya saya agak gugup karena ini merupakan pengalaman pertama saya snorkling dan saya belum seimbang untuk mengatur nafas. Namun beberapa  menit kemudian, saya bisa mengatur nafas saya ketika snorkeling. Dan ternyata keindahan dari dasar laut di perairan Belitung Subbahanallah indah banget guys. Kelestariannya terjaga dan banyak terdapat ikan-ikan yang berwarna-warni. Pada saat itu, saya pun menikmati menit demi menit selama snorkeling di perairan Belitung kala itu. Dan tak terasa satu jam pun berlalu, kami bertiga yaitu saya, mbak elzha dan irwan naik ke atas kapal untuk explore ke Pulau selanjutnya.

Di Pulau selanjutnya, saya memilih untuk tidak turun dan duduk dikapal karena pada saat itu, saya merasakan lelah setelah explore Pulau Lengkuas dan snorkeling tadi. Pada saat itu saya mencoba berbincang-bincang kepada guide kami sambil menikmati keindahan Pulau Belitung. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Guide kami, untuk biaya paket wisata ke Pulau Lengkuas Belitung dan 4 Pulau lainnya ternyata membutuhkan biaya sebesar Rp.500.000/kapal. Dengan biaya 500rb, kita bisa explore 5 Pulau yang ada di Belitung, diantaranya yaitu Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang, Pulau Burung, Pulau Pasir, Pulau Belayar, serta Pulau Gerude.

Tak terasa, pada saat itu menunjukkan jam 15.00 WIB. Dan kami pun segera bergegas untuk menuju ke Pantai Tanjung Kelayang untuk kembali ke penginapan, namun sebelum ke penginapan, kami makan terlebih dahulu di warung makan khas Jogjya yaitu Waroeng Bumbu Desa yang lokasinya tidak jauh dari penginapan kami

Mari Makan

Berikut adalah Foto yang saya ambil selama di Pulau Lengkuas dan sekitarnya









Posting Komentar